Jumat, 30 Maret 2012

PROFIL SEKOLAH



A.   Identitas Sekolah
 1.    Nama Sekolah            : SMA Negeri 4 Sarolangun
NSS/NPSN                 : 30.110.07.06.004/10503750
Status                        : Negeri
No. SK Pendirian        : 47   TAHUN  2002   Tgl SK : 11/03/2002   
Penandatangan SK     : Bupati/Walikota /Dinas Pend/Menteri Pendidikan
PBM                           : Pagi/Siang/ Pagi & Siang
Kurikulum                 : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)              
Alamat                       : Jalan Madinapura No. 138
Kecamatan                 : Mandiangin
Kab/ Kota                  : Sarolangun
Provinsi                      : Jambi
Kode Pos                    : 37392
Telepon/Email            : 081373173738/sma_humas@yahoo.com

2.    Kepala Sekolah          
Nama                         : SRI HANDAYANI, S.Pd.M.Pd.
NIP                             : 19670803 199007 2 001
Pangkat /Gol.             : Pembina /IV a
Hp.                             : 081373173738

3.    Moto, Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
 Motto Sekolah : Unggul Dalam Prestasi Berhiaskan Akhlak Terpuji
Motto ini sekaligus merupakan general achievement yang berfungsi sebagai etos dalam memobilisasikan semua pergerakan unit sistem yang terdapat di sekolah.

    Motto yang diusung juga merupakan pancandraan dari filosofi sosiokultural yang menghendaki satuan pendidikan didaerahnya ini dapat bersanding dinamis dengan sekolah-sekolah lain yang sederajat.
Visi Sekolah : Unggul dalam Prestasi, Bertakwa dalam Perilaku, dan Terampil dalam Kemandirian.
  Misi Sekolah :  
1.    Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
2.  Menumbuhkan semangat keunggulan untuk berprestasi secara intensif kepada segenap warga sekolah.
3.    Menciptakan sistem organik dan cara pandang yang holistik dikalangan warga sekolah, yaitu sistem yang senantiasa mengedepankan semangat dan kesadaran berprestasi yang bernuansa kebersamaan dan kekerabatan antar warga sekolah.
4.    Membudayakan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa serta adat istiadat sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
5.    Menerapkan manajeman partisipasif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah.
6.    Menerapkan pendidikan dan pelatihan yang berorientasi vocational dalam menyongsong daya saing untuk perguruan tinggi dan dunia kerja.

Tujuan Sekolah :
1.    Mencetak Alumni-alumni yang memiliki integritas diri, bertakwa kepada Tuhan YME, berkualitas, cerdas, terampil, dan berbudaya dalam menghadapi era globalisasi.
2.    Mempersiapkan peserta didik yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki akhlak yang mulia, tertib, berdisiplin, toleran, dan bertanggung jawab.
3. Mempersiapkan peserta didik yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spritual yang memadai untuk dapat bersanding secara sehat ditengah masyarakat yang majemuk.
4.    Mempersiapkan peserta didik yang memiliki sikap kompetitif dalam merespon perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menumbuhkan sikap sosial yang berbudaya.
5.   Mempersiapkan peserta didik yang memiliki kecakapan edukasional dan kecakapan vokasional yang memadai dalam merefleksikan kebutuhan untuk hidup ditengah masyarakat sekitar maupun dalam dunia global.
6.   Menumbuhkembangkan iklim sekolah yang dinamis, dan secara bertahap berupaya membangun infrastruktur pendidikan yang memungkinkan perkembangan dan proses pembelajaran berjalan dengan baik.
Program Sekolah  :
 
Program sekolah merupakan rangkaian rencana strategis yang disusun untuk mencapai tujuan institusional. Berikut merupakan beberapa uraian dari program strategis SMA Negeri 4 Sarolangun antara lain :
1.        Meningkatkan kinerja profesional guru dan pegawai dengan mengadakan pelatihan, workshop, dan seminar.
2.        Meningkatkan sikap berdisiplin dan kesadaran budaya kepada guru dan siswa dalam PBM dengan penerapan budaya 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun)
3.        Mengembangkan pembelajaran berwawasan lingkungan dengan melakukan revisi kurikulum tingkat satuan pendidikan yang berorientasi pada pembentukan sikap dan perilaku sadar lingkungan.
4.        Mempersiapkan pembelajaran dan bimbingan yang berorientasi pada Standart Ketuntasan Lulusan Nasional dalam upaya mencapai persentase kelulusan yang maksimal.
5.        Meningkatkan prestasi dan kebiasaan belajar melalui pembinaan yang intensif terhadap kelompok belajar
6.        Meningkatkan kerjasama sekolah dengan orang tua melalui laporan perkembangan belajar siswa secara berkala.
7.        Meningkatkan kemampuan vokasional siswa melalui penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis teknologi, dengan melibatkan narasumber eksternal yang relevan dengan kebutuhan dunia global.
8.        Membentuk tim pengembangan sekolah yang bertugas memikirkan arah kebijakan sekolah menuju sekolah maju yang berwawasan lingkungan.
9.        Melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung penerapan KTSP SMA Negeri 4 Sarolangun.
10. Membentuk tim ICT dalam menunjang keberhasilan dan kebutuhan pembelajaran di sekolah.
11.     Mengembangkan peran dan fungsi perpustakaan melalui penambahan buku referensi guru dan siswa, pengadaan dan perbaikan sarana penunjang pustaka, dan pelatihan petugas pustaka.
12.     Meningkatkan budaya gemar membaca dikalangan siswa melalui kegiatan kelompok gemar membaca (KGM).
13.     Menata lingkungan fisik sekolah dalam upaya menciptakan lingkungan sehat, bersih, dan asri yang memberikan rasa nyaman siswa selama berada di sekolah.
14.     Membentuk kelompok Green School (k-GS) dalam menunjang perkembangan pembelajaran berwawasan lingkungan.
15.     Menciptakan komunikasi institusional dan kerjasama sekolah dengan pihak pemerhati pendidikan, dunia industri, dan dunia usaha dalam upaya mengadopsi dan mengakomodasi kebutuhan pembelajaran dan bimbingan.
16.     Memaksimalkan program pengembangan diri dan kegiatan ekstra kurikuler berupa pelayanan konseling terstruktur dan bermartabat, olah raga prestasi, dan karya ilmiah.
17.   Memaksimalkan peran dan fungsi TU dalam pengadministrasian data sekolah dan data siswa, serta mengakomodasi kebutuhan administrasi kepegawaian tenaga pendidik di sekolah.
18.     Menciptakan dan mengembangkan sistem kewirausahaan sekolah.

1 komentar: